Perang Bos Kaya Raya di Pertandingan PSG Vs Chelsea

Posted in Berita Bola, Liga Champions on February 16, 2016 by

dua-bos

Lapaksbobet.com – Banyak yang melihat perjumpaan antara Paris Saint-Germain melawan The Blues, malam nanti, hanya dari kualitas pesepakbola bintang kedua tim. Banyak yang tidak sadar siapa bos di balik layar yang terkenal royal.

Roman Abramovich serta Nasser Al-Khelaifi ialah dua bos kaya raya yang melekat dengan kebangkitan The Blues serta PSG. Siapa sejatinya mereka? Dari mana uang mereka berasal?

Sebagaimana yang dikutip dari L’Equipe, Abramovich dikenal sebagai pengusaha minyak Rusia yang melejit pada periode meledaknya kapitalisme selepas keruntuhan Uni Soviet pada 1991.

Sementara Khelaifi masih meraih sumbangan dari perusahaan gabungan yang mendanai PSG, Qatar Investment Authority (QSI). Sebagian besar dana dicairkan dari Qatar yang adalah produsen gas alam terbesar ketiga di dunia.

Jika dilihat-lihat, keduanya mungkin sama kuatnya dari segi pendanaan. Namun, Abramovich diketahui mempunyai hubungan dekat dengan penguasa Rusia di Kremlin.

Tidak sebagaimana oligarki lain, Abramovich sempat sempat ditahan akibat aksi pembajakan sebuah kapal tanker minyak pada 1992. Namun, itu justru menjadikan hubungannya dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, semakin dekat.

Dengan kekuatan uangnya, Abramovich sempat menggelontorkan ratusan juta Euro untuk membantu distrik yang berada di antara Rusia serta Prancis, Chukotka Autonomous.

Keberhasilan ekonomi Abramovich kini berada di bisnis tambang serta industri besi (Evraz Company). Lainnya itu,dia juga mulai merambah bisnis real estate di Rusia serta beberapa start-up di Israel.

Sedangkan itu, Khelaifi adalah pebisnis asal Qatar serta adalah CEO dari beIN Media Group. Eks atlet tenis ini cukup lama berkecimpung di dunia olahraga.

Kembali terkenalnya nama PSG juga tidak lepas dari kontribusi besar Khelaifi. Namun, jika untuk urusan dana pribadi terang, dia masih kalah dari Abramovich.

Kekayaan Abramovich, bagi Forbes, mencapai 8,1 miliar Euro serta berada di urutan 137 orang terkaya di dunia. Empunya The Blues tersebut masih lebih kaya dibandingkan Emir Qatar, Sheikh Tamim, serta Nasser al-Khelaifi.Tapi, besar kekayaan Tamim dirahasiakan oleh majalah tersebut.